UKM TEGAZS SALURKAN ASPIRASI LEWAT KARYA TULIS ILMIAH

PicsArt_04-16-02.02.44

TEGAZS – UKM TEGAZS (Tim Penanggulangan Penyalahgunaan Napza & HIV/Aids) Universitas Brawijaya mengadakan pelatihan kepenulisan dengan tema “Karya Ilmiah sebagai Bentuk Mahasiswa yang berwawasan dan Intelektual” pada hari Minggu (15/4), bertempat di Lobby Gedung LKM lantai 2, Universitas Brawijaya. Dalam Pelatihan Kepenulisan ini, UKM TEGAZS UB mengundang Verdy Firmantoro, S.I.Kom sebagai pemateri sekaligus pembimbing penulisan karya ilmiah dan karya ilmiah populer.

Pelatihan kepenulisan adalah salah satu proker Bidang Penerbitan dan Informasi yang bertujuan memberikan pembekalan dalam bidang penulisan dengan harapan masing-masing anggota UKM TEGAZS UB dapat menyumbang aspirasi melalui karya tulis. Berkaitan dengan tema Pelatihan Kepenulisan kali ini, anggota UKM TEGAZS UB diharapkan dapat menulis karya ilmiah dan karya ilmiah populer.

Pelatihan kepenulisan tahun ini sedikit berbeda dari pelatihan kepenulisan yang sebelumnya. Selain materi yang lebih spesifik, pelatihan kepenulisan tahun ini diharapkan menjadi bekal dasar bagi anggota UKM TEGAZS UB untuk menyalurkan aspirasi mereka dalam karya tulis ilmiah, yang kemudian dapat diikutsertakan dalam lomba-lomba kepenulisan, baik di lingkungan Universitas Brawijaya maupun nasional. Salah satu lomba kepenulisan terdekat yang akan diikuti oleh UKM TEGAZS UB adalah lomba esai yang diselenggarakan oleh UKM MAPANZA  (Unit Kegiatan Mahasiswa Peduli Penyalahgunaan Napza dan Penyebaran HIV-Aids) Universitas Airlangga.

Acara ini dibagi menjadi tiga bagian pokok, yaitu penyampaian materi kepenulisan karya ilmiah, disambung dengan pemberian materi kedua, yaitu karya ilmiah populer dimana keduanya merupakan materi yang disampaikan oleh Verdy Firmantoro, S.I.Kom. Kemudian bagian acara yang terakhir adalah bimbingan langsung penulisan karya ilmiah. Dalam bagian acara ini, peserta Pelatihan Kepenulisan dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang berisikan dua sampai tiga orang. Mengingat bahwa UKM TEGAZS UB akan mengikuti lomba esai yang diselenggarakan oleh UKM MAPANZA UNAIR, maka masing-masing kelompok menuliskan rancangan karya ilmiah sesuai tema yang telah ditentukan oleh UKM MAPANZA UNAIR, antara lain “Sinergitas Pemuda dalam Menganggapi Eksistensi Rokok sebagai Napza Legal” dan “Langkah Pemuda sebagai Ujung Tombak dalam Perang Melawan Narkoba”.

“Jangan biarkan dirimu terlarut hanya sekedar mencari gelar, tapi sejatinya kau tak pernah berbuat apa-apa. Hiduplah dengan karya, matilah dengan prestasi!” Seru Verdy Firmantoro, S.I.Kom di akhir bimbingannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *