TEGAZSPEDIA #9

[ TEGAZSPEDIA #9 ]

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam tegazs, Luar Biasa!

Pada tegazspedia ke-9 ini akan membahas mengenai Apa itu Dumolid? Mengapa sering dianggap narkoba?

Dumolid adalah obat generik nitrazepam 5 mg yang termasuk ke dalam psikotropika golongan IV. Dumolid adalah salah satu obat yang paling sering diresepkan untuk terapi jangka pendek guna mengobati gangguan tidur (insomnia) parah, kejang, gangguan kecemasan, dan depresi. Obat-obat golongan psikotropika sejatinya hanya bisa dikeluarkan dengan resep dokter. Ketika seseorang tanpa resep mendapatkan dan mengonsumsi obat dumolid untuk mendapatkan efek penenangnya, penggunaan berubah menjadi penyalahgunaan.

Orang yang menyalahgunakan obat dumolid memiliki persepsi bahwa mereka bahagia, fokus, dan merasa bersemangat layaknya berada di langit ke tujuh. Tapi untuk orang lain ia mungkin terlihat lesu, koordinasi buruk, galak, dan mudah tersinggung. Orang yang menyalahgunakan obat dumolid juga mungkin memiliki memori buruk dan amnesia penuh dari beberapa peristiwa.

Semakin lama penggunaan dumolid, pengguna akan makin meningkatkan dosis lebih banyak lagi demi mencapai efek yang sama dari dosis sebelumnya. Pada akhirnya, terjadi ketergantungan dan penyalahgunaan, yang sering terjadi dalam waktu 4-6 minggu setelah penggunaan pertama. Padahal, penggunaan dumolid dengan dosis dan tingkat ketergantungan yang tinggi dapat berakibat fatal. Ketika penggunaan dumolid dihentikan secara tiba-tiba, gejala sakau yang dialami pengguna bisa berupa kejang, stroke, serangan jantung, koma, bahkan kematian.

Meskipun bukan obat-obatan yang tergolong dalam jenis narkoba, penggunaan dumolid secara ilegal juga dapat terjerat hukum. Dumolid termasuk jenis psikotropika golongan IV dan tata cara penggunaannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 1997.

Terima kasi telah membaca sedikit ilmu dari kami, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Sumber : hellosehat.com

___________________
Unit Kegiatan Mahasiswa
Tim Penanggulangan Penyalahgunaan NAPZA dan HIV/AIDS
Universitas Brawijaya
==================
.
#TEGAZS2020
#TEGAZSBERILMU
#TEGAZSANJOY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *