TEGAZSPEDIA #15

[ TEGAZSPEDIA #15 ]

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam TEGAZS, Luar Biasa!
Untuk materi tegazspedia ke-15 ini adalah
“Koalisi Gugat Informasi Pemerintah Tolak Ganja Buat Kesehatan”

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Advokasi Narkotika untuk Kesehatan meminta pemerintah terbuka terkait alasan menolak ganja untuk kesehatan yang sempat disampaikan pada akhir Juni lalu. Koalisi yang diwakili Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBHM) pada 28 September lalu, secara resmi telah mengajukan sengketa informasi ke Komisi Informasi Pusat (KIP).

Salah satu pengacara publik LBH menuturkan, pengajuan sengketa dilayangkan karena pemerintah hingga saat ini belum merespon permintaan koalisi agar membuka dasar ilmiah penolakan ganja untuk kepentingan kesehatan.

Pengacara LBH itu mengatakan sikap tertutup itu justru semakin menunjukkan sinyal bahwa pemerintah justru tidak berdasarkan ilmu pengetahuan dan landasan penelitian yang jelas dalam menolak penggunaan ganja untuk kesehatan atau medis. Padahal, ujarnya pemerintah sebelumnya sempat mengklaim, berdasarkan hasil penelitian, ganja di Indonesia mengandung kadar Tetrahidrokanabinol (THC) tinggi sehingga tak dapat digunakan untuk kesehatan. THC adalah psikotropika yang menjadi senyawa utama dalam ganja.

Oleh sebab itu, pengaca LBH menegaskan, pemerintah harus terbuka terkait dasar ilmiah penolakan ganja untuk kesehatan tersebut. Menurut dia, transparansi merupakan tanggung jawab pemerintah dalam memenuhi melindungi, dan menghormati hak atas pelayanan kesehatan setiap warga sebagaimana dijamin Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *