Talkshow Hari Anti Narkotika Internasional

IMG_9449

Dalam rangka menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2015 yang deperingati setiap tanggal 26 Juni, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) TEGAZS (Tim Penanggulangan Penyalahgunaan NAPZA dan HIV/AIDS) Universitas Brawijaya mengadakan Talkshow dengan Tema “Memerangi Narkoba untuk Mewujudkan Generasi Muda Berprestasi di Era Digital” pada hari Sabtu (27/6) lalu.

Kegiatan yang dihadiri 200 peserta yang meliputi pelajar, mahasiswa, dan UKM pegiat gerakan anti Narkoba di Malang dan Surabaya, serta masyarakat umum tersebut, berlangsung di Studio UB TV (lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Brawijaya).

Talkshow kali ini mengundang dua narasumber, yakni Slamet Pribadi, SH.MH (Kepala Bagian Humas BNN RI) dan Ipda Gunawan Marsudi (Kepala Unit 1 Satresnarkoba Kota Malang), serta dipandu oleh moderator Fitri Kurniawati (Ketua Umum Tegazs periode 2013).

Dalam kesempatan tersebut narasumber Slamet Pribadi menyampaikan bahwa ada 3 indikator dalam pemberantasan narkoba. Yang pertama soal bagaimana instrumen hukum (UU) mengenai Narkotika, yang kedua bagaimana para penegak hukum mengimplementasikan hukum tersebut, dan yang ketiga bagaimana budaya penggunaan Narkotika (masyarakat).

“Narkotika adalah permasahalan extraordinary, sehingga pemberantasannya pun harus dengan extraordinary” ungkap Slamet Pribadi. “Epidemi peredaran Narkotika ada disemua elemen, bahkan dipihak penegak hukum pun ada” tambahnya.

Pemberantasan Narkotika bukan hanya tugas BNN namun perlu dukungan dari semua lapisan masyarakat, termasuk para mahasiswa di kampus. Dalam penanggulangan Narkotika dilakukan dengan dua pendekatan, cara represif buat bandar dan kurir, dan preventif (rehabilitasi) buat pengguna/pecandu.

Selain Talkshow, acara ini juga diramaikan dengan hiburan akustik oleh Band “Gelas Kaca’ dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan Stand Up Comedy oleh Diaz (Mahasiswa FIA UB). Selain itu, Tegazs juga mengadakan kegiatan buka bersama dengan KAWAN (Komunitas Mahasiswa Anti Narkoba) yang turut hadir sebagai undangan dalam acara Talkshow tersebut.

“Terima kasih Tegazs! Acaranya kece banget, semoga bermanfaat bagi semua kalangan, aminn” kicau salah satu peserta yg hadir, Dwi Sapri Ramadhan lewat akun twitternya @dwisapri.

Dengan bertambahnya ilmu dan pengetahuan baru dari Slamet Pribadi dan Gunawan Marsudi, diharapkan UKM Tegazs dapat lebih baik dalam menjalankan visi dan misi sesuai dengan bidangnya.

1

IMG_9514 IMG_9519 IMG_9523 IMG_9535 IMG_9337

Reporter: Ismi Dwi Rahma.

One thought on “Talkshow Hari Anti Narkotika Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *