Seruan Aksi KAWAN melawan rokok melalui WNTD KAWAN 2016

     Senin, 29 Mei 2016. Dalam memperingati hari WNTD (World No Tobacco Day) atau yang lebih dikenal dengan Hari Anti Tembakau Sedunia pada tanggal 31 Mei, lembaga mahasiswa KAWAN (Komunitas Mahasiswa Anti  Narkoba) yang terdiri dari aliansi UKM-UKM sejenis se-kota Malang seperti UKM KOMANDO dari UIN Maulana Malik Ibrahim, UKM TEGAZS dari Universitas Brawijaya, UKM PASTI dari Polinema, UKM GERMAN dari Universitas Negeri Malang, UKM GARANK dari Universitas Kanjuruhan dan PIK-M Sehati dari Universitas Muhammadiyah Malang menyuarakan seruan aksi terhadap bahaya rokok bagi kesehatan yang bertempat di Alun-Alun Kota Malang (Balai Kota Malang). Tempat ini dipilih untuk menyuarakan seruan aksi karena merupakan salah satu tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat Kota Malang sendiri.

     Jika kita menelusuri sejarah hari WNTD, maka sangat dekat kaitannya dengan Organisasi Kesehatan Dunia yakni WHO. Hari tanpa tembakau sedunia atau World No Tobacco day (WNTD) berawal dari gagasan WHO di tahun 1987 untuk menarik perhatian dunia tentang resiko kesehatan terkait penggunaan tembakau. Tujuannya adalah mengajak konsumen tembakau untuk berhenti mengkonsumsi tembakau dan diharapkan dapat memfasilitasi orang-orang yang ingin berhenti mengkonsumsi tembakau.

     Pada tahun ini, WNTD KAWAN (Komunitas Mahasiswa Anti  Narkoba) 2016 antar UKM sejenis Kota Malang menyuarakan seruan aksi bahaya rokok bagi kesehatan dengan 2 kegiatan secara berurutan yakni pertama melakukan orasi berkeliling di spot-spot tertentu untuk mengambil rokok yang sedang dipakai oleh perokok dengan cara mengingatkan akan akibat merokok bagi kesehatan tubuh kemudian diakhiri dengan teatrikal bahaya rokok bagi kesehatan manusia.

     Harapannya dengan pelaksanaan kegiatan yang bertemakan “Save your Lungs for Long Life” ini dapat meningkatkan antisipasi dan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan rokok bagi kesehatan tubuh di lingkunagan masyarakat Kota Malang.

 

1Penandatangan Pakta WNTD KAWAN (Komunitas Mahasiswa Anti  Narkoba) se-Kota Malang
2Aliansi KAWAN se Kota Malang sedang melakukan orasi di beberapa spot di Alun-alun Kota Malang
3
Aksi teatrikal yang dilakukan oleh (Komunitas Mahasiswa Anti  Narkoba) se-Kota Malang
4Proses pengumpulan tanda tangan dari masyarakat Kota Malang sebagai kontribusi peringatan hari WNTD
5Rokok yang telah dikumpulkan setelah berkeliling di sekitar Alun-Alun Kota Malang

 

Writer : Admin UKM TEGAZS UB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *