Profil

A. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA TEGAZS

TEGAZS atau Tim Penanggulangan Penyalahgunaan Napza dan HIV/AIDS adalah salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Universitas Brawijaya dan tergabung dalam kategori Minat Khusus. UKM yang bergerak dibidang sosial ini awalnya didirikan oleh segelintir mahasiswa UB atas keresahannya akan maraknya kasus penyalahgunaan NAPZA di kalangan anak muda. Hingga akhirnya Tegazs secara resmi diakui sebagai sebuah UKM di Universitas Brawijaya sejak tanggal 26 Juni 2003 sampai sekarang.

Di tahun 2015, tak terasa usia UKM Tegazs sudah menginjak angka 12 tahun. Banyak sekali inovasi dan pencapaian yang dialami oleh UKM Tegazs. Setiap tahun, UKM Tegazs mengadakan regenerasi Pengurus dan Open recruitment anggota baru guna mempertahankan eksistensi organisasi dan konsisten mensupport pemerintah demi menciptakan Indonesia bebas narkoba dan HIV/AIDS. UKM Tegazs juga telah berhasil menjalin kerjasama dengan instansi terkait seperti KPA dan BNN, serta berbagai UKM sejenis yang ada di Kampus-kampus lainnya.

B. LOGO TEGAZS

Logo UKM Tegazs UB

Logo UKM Tegazs UB

Pada logo Tegazs terdapat 6 komponen utama yang menjadi simbol organisasi Tegazs, diantarannya burung merpati, perisai, pita berbentuk lambang AIDS, tanaman Cannabis sativa (ganja), gear dan rantai. Masing-masing komponen memiliki makna.

  • Burung Merpati yang siap terbang, melambangkan ketulusan Tegazs sebagai UKM sosial dalam upaya meminimalisir penyalahgunaan NAPZA dan penyebaran HIV/AIDS.
  • Pita AIDS melambangkan bahwa UKM Tegazs bergerak di bidang HIV/AIDS
  • Cannabis sativa (ganja), melambangkan bahwa UKM Tegazs bergerak di bidang NAPZA
  • Gear, terdapat 3 buah. melambangkan sinergitas anggota Tegazs yang terdiri dari anggota biasa, anggota purna, dan anggota relawan dalam menjalankan roda organisasi.
  • Rantai melambangkan kekeluargaan dan kebersamaan anggota Tegazs yang tak pernah putus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *