ODHA Masih Alami Diskriminasi

Memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh setiap 1 Desember, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tegazs menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang diberi nama “World AIDS Day”. Diselenggarakan selama empat hari (1-4/12), dua kegiatan yang terangkum didalamnya meliputi orasi dan Focussed Group Discussion (FGD). Diikuti mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), orasi dipusatkan di seputaran bundaran UB pada Kamis (1/12). Turut bergabung dalam orasi tersebut, aktivis beberapa UKM lain seperti AIESEC dan perwakilan mahasiswa program studi psikologi.

Diwawancarai PRASETYA Online, Ketua Pelaksana Olaffiqih menyampaikan bahwa dalam orasi tersebut ia dan kawan-kawan berpesan bahwa Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) berhak mendapat perlakuan selayaknya. “ODHA seringkali mendapat perlakuan yang tidak sepantasnya. Karena itu kami bermaksud menyampaikan pengetahuan kepada masyarakat untuk meminimalisisr diskriminasi tersebut”, kata mahasiswa Psikologi FISIP angkatan 2009 ini.

Pengalaman diskriminasi juga dialami salah satu ODHA, Agus Setiawan. Dihadapan peserta FGD yang diselenggarakan pada Minggu (4/12), ia manyampaikan bahwa diskriminasi justru datang dari tenaga medis (dokter dan perawat). “DIskriminasi terberat justru datang dari pihak yang seharusnya terjun langsung menangani kami”, kata Agus. Padahal, tambahnya, mereka adalah pihak yang jauh lebih paham dalam menangani ODHA dibanding yang lainnya.

Akibat stigmatisasi negatif terhadap ODHA, pada akhirnya mereka menjadi anggota masyarakat tersembunyi (hidden) dan enggan muncul ke permukaan. Karena itu, menjadi lebih sulit dalam penanganannya. Disampaikan seorang aktivis Sadar Hati, Yuli Indriastuti, saat ini pihaknya tengah aktif melakukan penjangkauan untuk merangkul ODHA yang sekitar 70 persen diantaranya adalah pengguna narkoba suntik. Penjangkauan, menurutnya lebih mudah dilakukan oleh kerabat dan teman dekat. [nok]

sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/ODHA-Masih-Alami-Diskriminasi-6539-id.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *