Kunjungi Surabaya, Tegazs UB perkuat silaturahmi dengan KPAP Jawa Timur, DFC Ubhara, dan Mapanza Unair

pas di KPA

Suasana sharing saat Kunjungan Tegazs UB ke KPA Jatim

Anggota UKM Tegazs, Kamis (30/4) siang mengunjungi KPAP (Komisi Penanggulangan AIDS) Jawa Timur, DFC (Drugs Free Community) Universitas Bhayangkara, dan MAPANZA Universitas Airlangga yang bertempat di Surabaya.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu agenda rutin dari Bidang Eksternal Tegazs UB yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan UKM sejenis dan instansi terkait.

Tujuan pertama adalah KPAP Jawa Timur.  Anggota Tegazs berkesempatan mendapat tambahan wawasan perihal kasus-kasus HIV/AIDS di Jawa Timur, termasuk info mengenai adalah banyaknya kalangan Mahasiswa yang terjangkit virus HIV.

Dalam sharing yang dipimpin oleh Mas Icus dan Pak Oto tersebut mengungkapkan bahwa Dari Analisa situasi dan kebijakan program HIV/AIDS, Jawa Timur menempati posisi nomor 2 se-Indonesia sebagai daerah yang terdapat banyak kasus HIV/AIDS. Sejak 2003 Jawa Timur ditetapkan sebagai epidemi konsentrasi. Kebanyakan dari kasus HIV/AIDS itu sendiri disebabkan oleh heteroseksual. “Penderita HIV/AIDS disini di dominasi oleh laki-laki (60 % dan 40 %). Untuk kasus 2014 urutan nomer 2 penderita  HIV/AIDS adalah Ibu Rumah Tangga” Ungkapnya.

Sementara itu, Surabaya adalah kota yang menduduki urutan pertama di Jawa Timur sebagai daerah yang terbanyak kasus HIV/AIDS.

Mengenai kebijakan terbaru yang ada untuk pengobatan HIV/AIDS, perlu dilihat dari komunitas asal si penderitanya dulu, apabila penderita berasal dari komunitas waria, psk, dll harus segera diberikan pengobatan tersebut.

Selain itu, program KPA yang harus kita dukung adalah TOP (Temukan, Obati, Pertahankan). Maksudnya adalah kita temukan kasus HIV/AIDS, apabila ditemukan segera diberi pengobatan, lalu pertahankan agar penderita tetap menjalani pengobatan tersebut.

Setelah dari KPA Jawa Timur, Tujuan kunjungan selanjutnya adalah DFC Universitas Bhayangkara dan MAPANZA Universitas Airlangga. Selain mempererat tali Silaturahmi, kunjungan tersebut juga dimanfaatkan untuk berkenalan dengan sesama pengurus UKM, bertukar Informasi tentang susunan organisasi, Even-even terbesar, dan program kerja yang ada. Diharapkan dengan adanya kunjungan-kunjungan seperti ini dapat menambah wawasan tentang Kasus-kasus HIV/AIDS dan menambah teman-teman baru di luar Malang. (*pai/gr)

Suasana sharing di sekber DFC Ubhara

Suasana sharing di sekber DFC Ubhara

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketum DFC Ubhara, Dwiky

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketum DFC Ubhara, Dwiky

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketum Mapanza, Dery.

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketum Mapanza, Dery.

Suasana kunjungan ke Mapanza Unair

Suasana kunjungan ke Mapanza Unair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *