Kunjungan UKM Tegazs Ke Polres Malang Kota

Pada hari Jumat tanggal 17 April kemarin, sebanyak 20 orang delegasi UKM TEGAZS UB mengadakan kunjungan ke Polres Kota Malang. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk sharing tentang masalah-masalah Narkoba yang marak terjadi di Malang.

1429247523101

Dalam pertemuan tersebut di pimpin oleh pak Gunarsono dan pak Gunawan selaku penyidik di Polres Malang kota. Anggota TEGAZS yang ikut kunjungan dipersilahkan untuk bertanya sebanyak mungkin. Anggota TEGAZS pun terlihat antusias dalam mengajukan pertanyaan.

1429247515610

Beberapa pertanyaan yang diajukan seperti Bagaimana cara penindakan terhadap pengguna Narkoba yang masih dibawah umur?, yang pastinya berbeda dengan penindakan terhadap pengguna Narkoba dewasa, ada unit khusus untuk penindaklanjutan kasus seperti itu. Selain itu, di kota Malang sendiri untuk pengedar dominan adalah kelompok yang sudah bekerja dan mahasiswa.

Kasus-kasus yang sering ditemukan di kota Malang adalah sabu-sabu. Untuk tahun 2015 sendiri sampai bulan April ini kasus terbesarnya adalah penyitaan sabu-sabu seberat 25 gr dan Ganja seberat 21 kg. Sebagian kasus, Jalur pengedaran Narkoba adalah system transit. Kebanyakan berasal dari Kediri atau Blitar.

Ada cara untuk menentukan orang tersebut harus di rehabilitasi atau di pidana. Pertama, profil orang yang tersangkut dikaji dan dicari tahu lebih banyak apakah dia murni pecandu atau dia juga pengedar. Ada dua jenis proses rehabilitasi bagi pemakai narkoba, lewat rumah sakit lalu dibawa ke panti rehabilitasi atau dipenjara sementara, di siding dahulu, lalu dimasukkan ke panti rehabilitasi.

Di akhir kunjungan, Pak Gunarsono dan Pak Gunawan berpesan kepada UKM TEGAZS agar lebih gencar lagi dalam melakukan penyuluhan tentang bahaya Narkoba, tidak hanya di lingkup Universitas namun juga kepada masyarakat luas agar dapat mengurangi kasus-kasus penyalahgunaan atau pengedaran Narkoba di kota Malang. Karena, “Bahaya Narkoba lebih besar daripada bahaya Terorisme”.

52188

Reporter : Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *