Hari AIDS: Renungan Malam, Pengurangan Dampak Buruk

Memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2007, digelar acara Renungan Malam bertajuk Harm Reduction ?Pengurangan Dampak Buruk?, di Gedung Student Center Universitas Brawijaya, Jumat (30/11). Acara ini digelar oleh Unitas Tegazs (Tim Penanggulangan Penyalahgunaan NAPZA dan HIV/AIDS) Unibraw bersama dengan MSCIA (Medical Student Centre for International Affair) Fakultas Kedokteran Unibraw. Menghadirkan pembicara dari perwakilan LSM, RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar), dan beberapa simpatisan, diharapkan acara ini menjadi titik balik (momentum) sebagai upaya meminimalisir mewabahnya epidemi HIV/AIDS.

Pada sambutannya, Pembantu Dekan III FK Unibraw, dr M Hanafi MPH mengungkapkan, acara ini sebagai refleksi tentang bahayanya jarum suntik yang ditengarai menjadi penyebab terbesar dari HIV/AIDS. Oleh sebab itu, perlu dilakukan kewaspadaan dan antisipasi seoptimal mungkin sebagai upaya pencegahan bahaya hal tersebut. Selain itu, cara-cara yang dilakukan seperti penggunaan jarum suntik dengan aman dan steril juga perlu diimplementasikan. Pada kesempatan berikutnya, Pembantu Rektor III yang diwakili oleh Kabag Kemahasiswaan, Ali Farid SH memaparkan antusiasmenya atas terselenggaranya acara ini sekaligus membuka acara.

Acara ini terbagi atas beberapa sesi, antara lain menonton film bersama Harm Reduction ?Pengurangan Dampak Buruk?, sharing antara pembicara, dan renungan malam. Salah seorang panitia, Aulia Aziz mengutarakan harapannya, acara ini dapat menjadi momentum untuk kontemplasi agar dampak buruk jarum suntik dapat dihindari dan diminimalisir melalui penggunaan yang aman. [bhm]

sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/Hari-AIDS-Renungan-Malam-Pengurangan-Dampak-Buruk-7777-id.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *