BNN Ungkap 7 kurir sabu perempuan asal Nigeria

Konferensi Pers BNN RI, Jakarta (Doc. Bunga/Tegazs)

Konferensi Pers BNN RI, Jakarta (Doc. Bunga/Tegazs)

Jakarta – Jumat (28/8), Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil membongkar sindikat narkoba Internasional. Sindikat ini dikendalikan oleh warga negara Nigeria. BNN telah mengungkap sedikitnya 14 kasus dengan 23 tersangka (5 Warga Negara Asing Nigeria dan 16 Warga Negara Indonesia, tujuh diantaranya perempuan) sepanjang periode Juni hingga Agustus 2015.

Penangkapan kasus besar ini merupakan hasil kerjasama BNN dengan Dirjen bea dan cukai, Dirjen Imigrasi, perusahaan kargo serta tak lepas dari koordinasi yang baik dengan lembaga penegak hukum narkotika Tiongkok, The National Narcotics Control Commission of The People’s Republic of China (NNCC).

Kepala Bagian Humas BNN Kombes Slamet Pribadi melalui konferensi pers di kantor BNN RI Jakarta mengatakan, “Modus dalam kasus ini melalui paket kiriman dari Guangzhou, Tiongkok. Dan seluruh jaringan dikendalikan oleh sindikat Nigeria yang memanfaatkan kurir perempuan Indonesia”

Paket kiriman ini dengan cerdik diselipkan dalam mesin alat pijat, tas perempuan, mesin sepeda motor, cartridge printer, dan mesin genset. Total barang bukti yang disita dari 14 kasus dengan 23 tersangka diatas adalah 103.816,4 gram. (bga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *