BNN GANDENG UB DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN NARKOBA

PicsArt_04-11-08.53.27

TEGAZS – Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Universitas Brawijaya (UB) menjalin kerja sama dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Kerja sama ini disahkan dalam acara Kuliah Tamu & Penandatangan MoU “Peran Negara dan Perguruan Tinggi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba”, Selasa (10/4), di Gedung B Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Acara ini dihadiri oleh civitas akademika UB, jajaran pejabat BNN, anggota UKM TEGAZS dan UKM sejenis, serta peserta umum. Kepala BNN RI Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, S.H. pun hadir dan menjadi pembicara dalam kuliah tamu yang merupakan sesi kedua acara, setelah penandatanganan MoU antara UB dan BNN di sesi pertama acara.

Acara ini sekaligus sebagai wadah bagi BNN untuk menyampaikan bahwa Indonesia darurat narkoba. Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, S.H. menyampaikan bahwa hasil survei Puslitkes UI menyatakan, penyalahgunaan narkoba di tahun 2017 mencapai angka 1,77 persen yang digolongkan ke dalam tiga kategori penyalahgunaan narkoba, yaitu 57 persen coba pakai, 27 persen rekreasional (teratur pakai) dan 16 persen pecandu. Hal ini sangat didukung oleh perkembangan teknologi mempermudah pelaku kejahatan untuk memproduksi atau mengedarkan narkoba dengan cara yang sulit dideteksi. Selain angka penyalahgunaan narkoba yang tinggi, BNN juga menemukan 60 lebih jenis narkoba baru yang beredar di Indonesia.

Oleh karena status darurat narkoba ini, kerja sama BNN dan UB yang dimaksudkan  untuk mengajak UB untuk melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Dalam hal ini, diharapkan agar UB turut menyumbang peran sebagai relawan dan penggiat anti narkoba dalam bentuk pelaksanaan program pendidikan tinggi, pelatihan, lokakarya, seminar dan kegiatan ilmiah di bidang pencegahan dan pemberantasan, pembinaan atau pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya P4GN, serta pemanfaatan sarana dan prasarana yang dimiliki kedua instansi.

“Melalui kerja sama ini diharapkan akan semakin menguatkan rencana straegis BNN dalam menangani permasalahan narkoba melalui penelitian dan kajian-kajian ilmiah yang dilakukan,” ujar Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, S.H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *