Bitsi Tegazs Sukses Selenggarakan Pelatihan Kepenulisan

UKM Tim Penanggulangan Penyalahgunaan NAPZA dan HIV/AIDS Universitas Brawijaya (Tegazs UB) berhasil menyelenggarakan Pelatihan Kepenulisan pada Sabtu (25/4) lalu yang bertemakan “We Know, We Share”.

Pelatihan Kepenulisan yang diinisiasi oleh Bidang Penerbitan dan Informasi (Bitsi) diselenggarakan di ruang Flash Lounge Perpustakaan Universitas Brawijaya Lt.2. Acara tersebut menuai perhatian dari anggota Tegazs khususnya bagi anggota Diklat 11 dan 12.

Gustian Ri’pi selaku pemateri 1 yang memaparkan materi seputar Blog UB mengajak mahasiswa UB agar lebih terbiasa menulis dan tulisannya bisa di upload ke blog, karena Universitas Brawijaya juga telah menyediakan fasilitias Blog UB.

“Menulis di blog itu sangat mengasyikkan. Kendali ditangan kita, Blogger harus sadar tulisannya akan abadi & dibaca anak cucunya. Blog UB sangat direkomendasikan untuk dimiliki setiap mahasiswa UB karena pada dasarnya merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi bagi mahasiswa yang ingin memperoleh gelar sarjana, beasiswa, dsb. Pembuatan Blog UB ini juga dapat membantu menaikkan peringkat web universitas di webometrics dan 4ICU” ungkap Gustian.

IMG_8181

Pemateri I Gustian Ri’pi, sedang memaparkan materi seputar Blog UB

Di sesi kedua, Berbagai macam tips mengenai bagaimana cara menuliskan Berita yang baik dipaparkan oleh Pemateri kedua yg sudah cukup banyak berkecimpung di dunia jurnalistik, M. Zulfikar Akbar (Direktur Utama Media Mahasiswa). Mulai dari Teknik menulis Berita, Pengelolaan Berita Interaktif,  hingga kode Etik Jurnalistik. “Jalan termudah untuk dikenang adalah menulis. Jika ingin dikenang, maka menulislah”. Begitulah prinsip Zulfikar.

IMG_8309

Pemateri 2 M. Zulfikar Akbar, sedang memaparkan materi seputar Kepenulisan.

Anata Tumonglo, selaku ketua pelaksana Acara dari Bidang BITSI, menyebutkan bahwa Pelatihan Kepenulisan sendiri juga merupakan sarana bagi anggota Tegazs untuk dapat menulis Berita sesuai dengan tata cara dan kaidah penulisan berita yang baik dan benar.

IMG_8340

Peserta Praktik Menulis setelah mendapat materi.

“Menyenangkan, asik, rame setidaknya bisa jadi penghilang suntuk hehe” ungkap Bryan, salah satu peserta pelatihan. Hal senada juga diungkapkan Dera, “Keren. Semoga acara selanjutnya bisa lebih keren lagi dari acara ini. Untuk panitia-panitianya tetap semangat dan kompak terus ya ^.^” ungkapnya.

IMG_8507

Rame, suasana peserta ketika memasuki sesi Games

IMG_8575

Foto Bersama seluruh peserta, panitia, dan pengurus UKM Tegazs UB usai penyampaian materi, praktik menulis, dan Games.

Para pengurus Bitsi juga mengapresiasi panitianya. “Acara ini merupakan proker pertama kita (red: Bitsi) dan kalian panitia keren, banyak kemajuan dibandingkan dengan pelatihan kepenulisan tahun kemarin,” puji Pengurus Bitsi. (GR).

NB: Meteri Pelatihan dapat di download DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *