Aksi Damai “ABCD” UKM Tegaz Peringati Hari AIDS Sedunia

Aksi Damai Peringati Hari AIDS se-Diunia oleh UKM Tegaz UB
Aksi Damai Peringati Hari AIDS se-Diunia oleh UKM Tegazs UB

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tim Penanggulangan penyalahgunaan NAPZA dan HIV AIDS (Tegazs) melakukan aksi damai untuk menyampaikan pesan “ABCD” kepada seluruh masyarakat di Bundaran Universitas Brawijaya, Jumat (30/11).

ABCD merupakan pesan pencegahan terhadap HIV/AIDS yang terdiri dari “A”(abstain berhubungan seks); “B” (be faithful); “C” (Condom); “D” (Don’t use injection); dan “E” (Education).

“Kami ingin membagikan rumus untuk masyarakat tentang pencegahan HIV/AIDS, yaitu tidak melakukan hubungan seks bebas, penggunaan narkoba terutama lewat jarum suntik, setia atau faithful kepada pasangan, penggunaan kondom dan membagikan ilmu bagaimana penularannya,”kata ketua umum Tegaz Nur Rochmad Khoiririjal.

Pembagian Bunga Sebagai Bentuk Kepedulian Kepada Kaum Perempuan dan Anak
Pembagian Bunga Sebagai Bentuk Kepedulian Kepada Kaum Perempuan dan Anak

Ditambahkan oleh Rijal bahwa pesan rumus ABCD diberikan untuk mendidik masyarakat agar tidak takut untuk merangkul Orang Dengan HIV Aids (ODHA).

Sementara itu, tema hari AIDS dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2012 kali ini adalah perempuan dan anak. Makna dari tema tahun ini adalah perempuan dan anak  yang merupakan bagian terbesar dari jumlah kasus HIV/AIDS, perempuan rentan terinfkesi HIV dari pasangannya dan hal ini berdampak terhadap anak.

Selain itu, dengan mengusung tema tersebut, diharapkan bisa menghapuskan stigma dan diskriminasi terhadap perempuan dan anak yang terkena HIV/AIDS.

“Dalam aksi damai kali ini, kami juga membagikan bunga untuk menunjukkan kepedulian, bertindak positif, dan tidak melakukan kekerasan,”katanya.

Kasus HIV/AIDS di Indonesia hingga Maret 2011 mencapai mencapai 24.482 kasus dengan angka kematian 4.063 jiwa (data Ditjen PPM dan PL Depkes RI) dan berdasar jumlah kumulatif kasus AIDS menurut jenis kelamin laki-laki sebanyak 17.840 dan perempuan sebanyak 6.553. [Oky]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *